๐ƒ๐š๐ฆ๐ฉ๐ข๐ง๐ ๐ข ๐–๐š๐ค๐จ ๐‘๐ฎ๐๐ข ๐‹๐š๐ฎ๐ง๐œ๐ก๐ข๐ง๐  ๐”๐ง๐ข๐ญ ๐๐ฎ๐ฌ ๐“๐ซ๐š๐ง๐ฌ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐๐ž๐ซ๐ก๐š๐ซ๐š๐ฉ ๐ƒ๐š๐ฉ๐š๐ญ ๐Œ๐ž๐ง๐ ๐ฎ๐ซ๐š๐ง๐ ๐ข ๐Š๐ž๐ฆ๐š๐œ๐ž๐ญ๐š๐ง ๐๐ข ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mendampingi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diacara peluncuran/launching pengoperasian 20 unit Bus Trans Batam di depan Kantor Walikota Batam, Jumat (29/12/2023). Dengan bertambahnya armada Bus Trans Batam ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Kota Batam. Launching Bus Trans Batam ini ditandai dengan prosesi Tepuk Tepung Tawar oleh Wali Kota Batam bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Batam.

โ€œAlhamdulillah tadi bersama-sama sudah Kita saksikan launching Bus Trans Batam berjumlah 20. Semoga dengan bertambahnya unit Bus Trans Batam ini memberikan kemudahan bagi masyarakat Batam dalam menggunakan angkutan umum di Kota Batam,โ€ ucap Jefridin.

Ia menjelaskan ini merupakan komitmen dari Wali Kota Batam dalam memberikan angkutan umum dan nyaman bagi masyarakat Kota Batam. Disamping itu dengan ditambahnya 20 unit Bus Trans Batam ini bertujuan untuk peremajaan Bus Trans Batam yang usianya sudah tua. Diketahui bahwa saat ini jumlah Bus Trans Batam di Kota Batam sebanyak 62 unit yang melayani 8 koridor di Kota Batam.

โ€œSebanyak 62 unit ini keluaran tahun 2014/2015. Artinya dengan bertambahnya unit baru ini dapat meremajakan Bus Trans Batam yang sudah beroperasi saat ini. Tentunya dengan unit baru, masyarakat akan semakin nyaman untuk menggunakan layanan transportasi umum di Kota Batam,โ€ tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim, S.Sos. menjelaskan bahwa pengadaan 20 unit Bus Trans Batam ini menggunakan Skema Pembelian Layanan (Buy The Service) atau BTS. Skema ini untuk menjawab tingginya kebutuhan akan moda transportasi publik di perkotaan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan.

โ€œBTS merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan subsidi pelayanan transportasi publik yang dilakukan bekerja sama dengan operator. Sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa pemerintah bertanggung jawab atas penyelenggaraan angkutan umum,โ€ ujarnya.

Salim menjelaskan bahwa saat ini sudah dibuka layanan bus trans Batam sebanyak 8 koridor dari 10 koridor yang direncanakan. Bus beroperasi mulai pukul 06.00 โ€“ 19.00 WIB. Sebanyak 20 unit Bus Trans Batam ini akan dioperasikan untuk wilayah Sekupang- Batamcenter 6 unit, Tanjung uncang 6 unit, Sekupang โ€“ Jodoh 6 unit, dan cadangan 2 unit.(*)