๐๐ž๐ฅ๐š๐ง๐ญ๐ข๐ค๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐‘๐š๐ฉ๐š๐ญ ๐Š๐ž๐ซ๐ฃ๐š ๐‚๐š๐›๐š๐ง๐  ๐†๐ž๐ซ๐š๐ค๐š๐ง ๐๐ซ๐š๐ฆ๐ฎ๐ค๐š ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐€๐ฃ๐š๐ค ๐“๐š๐ง๐š๐ฆ๐ค๐š๐ง ๐’๐ข๐ค๐š๐ฉ ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐›๐๐ข๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐Š๐ž๐ข๐ค๐ก๐ฅ๐š๐ฌ๐š๐ง

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. secara resmi melantik Pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Batam periode 2023-2028. Pelantikan ini ditandai dengan penyematan tanda jabatan kepada 17 pengurus yang dilantik dalam acara yang berlangsung di Hotel AP Premier Batam, Minggu (30/6/2024).

Acara pelantikan tersebut juga disejalankan dengan pembukaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kota Batam Tahun 2024 dan Pembukaan Kegiatan Sidang Paripurna Cabang Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Jefridin menyampaikan harapannya agar para pengurus yang baru dilantik dapat berkontribusi secara nyata dalam gerakan Pramuka.

Ia menekankan pentingnya sikap pengabdian dan keikhlasan dalam menjalankan tugas, serta mengingatkan bahwa Pramuka adalah ladang pengabdian tanpa pamrih.

โ€œKita berharap kontribusi dalam pramuka dapat mengajak semua untuk berbuat baik dan beramal. Mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah bagi kita semua. Selamat kepada para pengurus yang baru saja dilantik. Pramuka tidak boleh cengeng dan baper,โ€ ujar Jefridin.

Jefridin juga menekankan bahwa tugas para pengurus bukan sekadar simbolis, tetapi mereka harus benar-benar membantu Kwartir Cabang dalam menjalankan berbagai kegiatan dan program.

โ€œMari kita besarkan Gerakan Pramuka Kota Batam sebagai ladang pengabdian bagi pramuka penegak dan pandega,โ€ tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jefridin mengingatkan pentingnya evaluasi terhadap pengurus andalan cabang dan ranting yang tidak aktif. Ia juga menginstruksikan agar diadakan pelatihan untuk sekolah-sekolah yang belum memiliki pembina mahir, guna memastikan semua sekolah di Batam memiliki gugus depan yang aktif.

โ€œKita harus merancang program pelatihan dengan baik sehingga kawan-kawan kita yang memiliki jiwa tulus dan ikhlas dapat menjalankan sumpah sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma,โ€ kata Jefridin.

Jefridin menekankan pentingnya menjalankan Dasa Dharma Pramuka ke-10, yakni suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari. Ia berharap melalui Rakercab ini, kegiatan yang dihasilkan dapat bermanfaat dan tidak menyimpang dari arahan nasional, serta menegaskan bahwa tujuan utama dalam pramuka adalah pengabdian dan menabur kebaikan, bukan mencari keuntungan.

DD