๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐–๐จ๐ง๐๐ž๐ซ๐Ÿ๐จ๐จ๐ ๐š๐ง๐ ๐€๐ซ๐ญ ๐‘๐š๐ฆ๐š๐๐ก๐š๐ง ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’, ๐–๐š๐ฅ๐ข ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐‘๐ฎ๐๐ข ๐๐š๐ง๐ ๐ค๐ข๐ญ๐ค๐š๐ง ๐๐š๐ซ๐ข๐ฐ๐ข๐ฌ๐š๐ญ๐š ๐๐š๐ง ๐„๐ค๐จ๐ง๐จ๐ฆ๐ข ๐Š๐ซ๐ž๐š๐ญ๐ข๐Ÿ

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, membuka secara resmi Batam Wonderfood and Art Ramadhan 2024 di Taman Dang Anom, Batam Centre, Sabtu (9/3/2024). Event tahunan ini dilaksanakan hingga 30 Maret 2024.

Pembukaan Batam Wonderfood and Art Ramadhan 2024 dihadiri langsung Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu.

โ€œBatam terus komitmen membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Sejumlah event akan digler, salah satunya Batam Wonderfood and Art Ramadhan 2024,โ€ kata Rudi.

Selain melalui event, Batam juga terus mempercantik kota dengan membangun sejumlah infrastruktur Batam mulai dari bandara, pelabuhan, jalan protokol, hingga proyek strategis nasional Pulau Rempang.

โ€œDi sektor pariwisata, Batam sudah membuka sejumlah penerbangan internasional untuk memudahkan akses bagi wisatawan,โ€ katanya.

Dengan kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif ini, ekonomi Batam terus melejit dan diharapkan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

โ€œEkonomi Batam saat ini tumbuh 7,04 persen dan diharapkan terus meningkat,โ€ katanya.

Sementara itu, Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf RI, Vinsensius Jemadu, mengapresiasi Wali Kota Batam yang terus berkomitmen memajukan pariwisata.

โ€œEvent ini juga sudah masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Ini capaian luar biasa, bahkan ada dua event dari Batam yang masuk,โ€ katanya.

Bahkan, event tersebut menjadi sorotan langsung Menparekraf Sandiaga Uno mengingat event tersebut memiliki karakter dan menarik bagi wisatawan.

โ€œSemoga event ini terus berkualitas, dalam artian memberikan dampak ekonomi pada masyarakat, sosial budaya, dampak berkelanjutan lingkungan. Event ini sudah dilaksanakan selama 5 tahun, ini prestasi luar biasa,โ€ katanya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi Batam yang sudah membuka penerbangan internasional hingga sukses meningkatkan ekonomi Batam hingga mencapai 7,04 persen.

โ€œKe depan, kami harapkan Batam bisa mencapai target kunjungan wisman sebanyak 2 juta kunjungan atau 75 persen dari target kunjungan ke Kepri sebesar 3 juta,โ€ katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata, melaporkan bahwa Batam Wonderfood & Art Ramadhan tahun ini merupakan yang ke-5. Suksesnya acara tersebut, kata dia, merupakan perintah Wali Kota Batam.

โ€œUntuk tahun ini, digelar di tiga titik. Lokasi utama di Taman Dang Anom, Pollux Habibie, dan Pelataran Pacific Palace Hotel,โ€ katanya.

Ia melanjutkan, untuk tahun ini, total lebih 160 tenant yang berpartisipasi dalam Batam Wonderfood & Art Ramadhan. Ia mengatakan, event yang memadukan aneka sajian kuliner, berbagai perlombaan dan atraksi tersebut, merupakan acara tahunan untuk membangkitkan semangat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batam.

DD