๐๐ฎ๐ค๐š ๐“๐š๐ง๐ฃ๐š๐ค ๐Š๐ž๐ฆ๐ž๐ง๐š๐  ๐„๐ฑ๐ฉ๐จ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’, ๐–๐š๐ฅ๐ข ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐‘๐ฎ๐๐ข: ๐๐š๐ง๐ ๐ค๐ข๐ญ๐ค๐š๐ง ๐„๐ค๐จ๐ง๐จ๐ฆ๐ข ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ

 Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, membuka secara resmi Tanjak Kemenag Expo 2024 di halaman WTB Batam Centre, Sabtu (16/3/2024).

โ€œSelamat dan sukses atas terselenggaranya Tanjak Kemenag Expo Tahun 2024,โ€ ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya acara tersebut, bisa mendorong peningkatan ekonomi umat. Ia mengaku, dalam meningkatkan ekonomi masyarakat ini, butuh dukungan semua pihak.

โ€œPenyelenggaraan bazar ini bagian dari pendongkrak ekonomi Kota Batam,โ€ katanya.

Adapun, ekonomi Batam pada 2023 meroket hingga 7,04 persen. Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni 6,84 persen.

โ€œSemoga ekonomi Batam terus meningkat dan masyarakat sejahtera,โ€ katanya.

Adapun dalam Tanjak Kemenag Expo digelar lomba berbalas pantun, fashion show, dan sebagainya yang berlangsung 16-23 Maret 2024.

Di lokasi sama, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Mahbub Daryanto, menyampaikan bahwa Tanjak Kemenag Expo pada tahun ini, merupakan yang ketiga dengan mengangkat tema Transportasi Layanan Umat.

โ€œTema ini sejalan dengan transportasi yang ada dalam program di Kemenag RI yakni memberikan layanan digital, satu dalam genggaman. Semua layanan yang diberikan nol rupiah,โ€ ujarnya.

Bahkan, kata dia, sejauh ini, layanan yang banyak diakses masyarakat yakni sertifikat halal. Dengan antusias ini, tahun lalu sudah tercapai 13.000 sertifikat.

โ€œTahun ini tak ada target, namun pada Oktober harus sudah bersertifikat halal semua,โ€ katanya.

Kakanwil juga mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus mendukung program pendidikan dan kegiatan keagamaan hingga pemberian insentif bagi guru madrasah, guru TPQ hingga tokoh agama.

โ€œTerima kasih pak Wali Kota Batam yang sudah membantu,โ€ ujarnya.

DD