sosialisasi optimalisasi musyawarah kelurahan kesejahteraan sosial dalam mewujudkan data kemiskinan yang valid di kota Batam.

sosialisasi optimalisasi musyawarah kelurahan kesejahteraan sosial dalam mewujudkan data kemiskinan yang valid di kota Batam adalah upaya meningkatkan untuk efektivitas dan efesiensi peremuan-pertemuan membahas dan mencari solusi bagi masalah-masalah kesejahteraan sosial di masyarakat.

optimalisasi musyawarah kelurahan dalam wujudkan data kemiskinan yang valid jadi sangat penting, dengan optimalisasi musyawarah kelurahan diharapkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan data kemiskinan dapat meningkat, sehingga data yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan dapat digunakan sebagai dasar dalam penetapan program-program penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyusun Proyek Perubahan antaara lain :
1. Penyusunan SK Tim Efektif Proyek Perubahan
2. Menyusun Kajian Teknik Optimalisasi Musyawarah Kelurahan Kesejahteraan Sosial dalam mewujudkan data kemiskinan yang valid di kota Batam.
3. Menyusun Juknis Pelaksanaan Musyawarah Kelurahan Kesejahteraan Sosial.
4. Ujicoba Optimalisasi Musyawarah Kelurahan Kesejahteraan Sosial.
5. Monitoring dan Evaluasi atas Implementasi dari Proyek Perubahan.

Fokus Perubahan di implementasikan melalui penyusunan kajian strategis data kemiskinan, petunjuk teknis pelaksanaan musyawarah kelurahan dengan memperhatikan persiapan yang matang, Partisipasi Aktif, Fasilitator yang Kompeten, Agenda yang jelas, Pengambilah Keputusan yang demokratis sesuai realita di lapangan dan tindak lanjut yang efektif.

DD