๐๐ž๐ซ๐ฆ๐ฎ๐๐š๐ก ๐๐ž๐ฅ๐š๐ค๐ฎ ๐”๐ฌ๐š๐ก๐š ๐๐š๐ฌ๐š๐ซ๐ค๐š๐ง ๐๐ซ๐จ๐๐ฎ๐ค๐ง๐ฒ๐š, ๐๐ž๐ฆ๐ค๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐๐ž๐ซ๐ข๐ค๐š๐ง ๐๐ž๐ฅ๐š๐ญ๐ข๐ก๐š๐ง ๐ƒ๐ข๐ ๐ข๐ญ๐š๐ฅ๐ข๐ฌ๐š๐ฌ๐ข ๐๐ž๐ฆ๐š๐ฌ๐š๐ซ๐š๐ง

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan pelaku usaha dalam mengelola usaha berbasis digital untuk memperluas jangkauan target pasar, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menyelenggarakan Pelatihan Digitalisasi Pemasaran โ€œEngagement Media Sosial Kunci Penjualan Meroketโ€ Tahun 2024 di Hotel Planet Holiday, Senin (19/02/2024). Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengemukakan pentingnya pelatihan ini bagi pelaku usaha di Kota Batam. Jefridin juga membuka secara resmi pelatihan Digitalisasi Pemasaran yang diikuti 400 pelaku usaha di Kota Batam ini.

โ€œSaya atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Disperindag Kota Batam yang telah mengeyelenggarakan pelatihan Digitalisasi Pemasaran ini. Tentunya dengan Gigitalisasi Pemasaran dapat mempermudah dan memperlancar pelaku usaha dalam melakukan pemasaran produknya,โ€ ujar Jefridin.

Dalam kesempatan itu, Ia mengajak peserta untuk memanfaatkan teknologi yang semakin maju dan berkembang. Menurutnya kemajuan teknologi ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk memudahkan pekerjaan, termasuk dalam melakukan pemasaran/marketing. Digital marketing menjadi solusi pemasaran yang lebih modern dan sesuai tujuan bisnis. Ia menjelaskan pemasaran secara digital menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama jual beli online (online shop). Karena dengan Digital Marketing pelaku usaha dapat membangun dan meningkatkan produk bisnisnya.

Oleh karena itu maka pelaku usaha harus memahami betapa pentingnya digital marketing. Melalui pemasaran secara online, menurutnya banyak kuuntungan dan kemudahan yang diperoleh oleh pelaku usaha. Selain itu pentingnya digital marketing karena dapat menekan biaya pemasaran, meminimalisir risiko usaha dan dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas sehingga perkembangan usaha lebih cepat.

โ€œPelaku usaha tidak perlu lagi memikirkan tempat usaha, tentunya untuk tempat usaha ini dibutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Misalnya untuk sewa ruko, membayar listrik hingga karyawan. Dengan melakukan pemasaran secara digital, Bapak/Ibu dapat memasarkan secara online, dan jangkauannya lebih luas,โ€ katanya.

Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina Rudi sekaligus Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina, mengapresiasi dan berterimakasih karena Pemko Batam senantiasa mendukung pelaku usaha di Kota Batam dengan memberikan pelatihan. Harapannya, sebagai Ketua Dekranasda Kota Batam, seluruh pelaku usaha di Kota Batam dapat mengikuti pelatihan yang diberikan dalam rangka kemajuan pelaku usaha di Kota Batam.

โ€œSaya berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan dan peluang ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan semangat dalam menjalankan usaha. Dengan begitu pelaku usaha di Kota Batam dapat meningkatkan kualitas usahanya dalam memperoleh keuntungan yang lebih baik,โ€ ucapnya.(*)