๐๐ข๐ฆ๐ฉ๐ข๐ง ๐‘๐š๐ฉ๐š๐ญ ๐„๐ฏ๐š๐ฅ๐ฎ๐š๐ฌ๐ข ๐๐ž๐ฅ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ง๐š๐š๐ง ๐€๐๐๐ƒ ๐“๐ซ๐ข๐ฐ๐ฎ๐ฅ๐š๐ง ๐ˆ, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐ƒ๐จ๐ซ๐จ๐ง๐  ๐๐ž๐ซ๐ญ๐ฎ๐ฆ๐›๐ฎ๐ก๐š๐ง ๐„๐ค๐จ๐ง๐จ๐ฆ๐ข ๐๐š๐ง ๐Š๐ž๐ฌ๐ž๐ฃ๐š๐ก๐ญ๐ž๐ซ๐š๐š๐ง ๐Œ๐š๐ฌ๐ฒ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ญ

 Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. memimpin Rapat Evaluasi Laporan Triwulan I Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 di Kantor Walikota Batam, Rabu (24/4/2024).

Dalam rapat tersebut, Jefridin memberikan arahan langsung terkait kelengkapan data anggaran dan belanja daerah di setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

โ€œRealisasi anggaran triwulan I alhamdulillah di atas target, terutama PAD, antara 27 hingga 28 persen per 31 Maret 2024. Semoga OPD dapat terus berinovasi dan mempertahankan tren positif,โ€ ujarnya.

Tambahnya, Penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mengalami peningkatan pesat sebesar 30,53%, khususnya dari sektor hotel,

restoran, dan hiburan yang mencapai lebih dari 25 persen, yaitu 28,04%.

Namun, retribusi parkir perlu menjadi perhatian serius. Evaluasi langkah-langkah yang telah disampaikan oleh DPRD akan menjadi fokus untuk ditindaklanjuti. Di sisi lain, capaian anggaran belanja pegawai sesuai dengan target yang telah ditetapkan, sementara proyek fisik sedang dalam tahap pelaksanaan.

โ€œProses lelang untuk mencari pemenang telah dilakukan, dan beberapa proyek fisik sudah mulai berjalan setelah pemenang lelang ditetapkan pada bulan ini,โ€ katanya.

Jefridin juga menyoroti peningkatan pendapatan dari sektor hotel dan restoran sebagai indikator pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di Batam.

โ€œDengan pertumbuhan ekonomi Batam tahun 2023 yang meningkat di atas Provinsi Kepri dan Nasional hingga 7,04 persen, kami terus mendorong pengelolaan APBD yang baik untuk dampak yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,โ€ tambahnya.

Rapat evaluasi ini diharapkan dapat menjadi perhatian dan evaluasi bagi semua pihak demi kesejahteraan masyarakat Kota Batam.